SOSIALISASI AUDIT INTERNAL DAN DISEMINASI PENERAPAN SISTIM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008 DI PPS BUNGUS

PPS Bungus, 18/04/2017
            Sebagai tindak lanjut dari penerapan ISO 9001:2008  Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus yang telah mendapatkan sertifikat  tahun 2016 yang lalu untuk sistim Manajemen Mutu di empat pelayanan yang terdiri dari pelayanan SPB, SHTI, STBLKK dan SKH-IPI. Pelayanan yang sudah bersertifikasi ISO ini selain untuk pihak eksternal, penting juga untuk pihak internal, maka perlu dilakukan Diseminasi Penerapan Sistim Manajemen Mutu ISO 9001:2008 sebagai tindak lanjut dari sertifikat ISO 9001:2008.
            Kegiatan Diseminasi Penerapan Manajemen Mutu ISO 9001:2008 ini dilaksanakan pada hari Kamis, Tanggal 12 April 2017  diruang Rapat Pelabuhan yang dihadiri oleh seluruh Pegawai   PPS Bungus.  Sebagai narasumber pada kegiatan ini dari PT.QA Indonesia, Bpk Indra Lesmana.  Sosialisasi dibuka langsung oleh Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus Bpk. Joko Supraptomo, A.Pi, MM.  Kepala Pelabuhan mengingatkan hal-hal yang terkait dengan pelayanan kepada pengguna jasa pelabuhan agar seluruh pegawai dalam memberikan layanan sesuai  tugas masing-masing dengan motto 3 S (Senyum, Sapa, Salam). Selain itu, Kepala Pelabuhan juga memerintahkan kepada suluruh peserta rapat agar segera mengevaluasi pelaksanaan ISO untuk selanjutnya menjadi bahan Survey Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan mentaati prosedur SOP tepat waktu dan tepat mutu. "Pimpinan dan seluruh pejabat Struktural  berkomitmen mengajak seluruh stafnya untuk melaksanakan tugas dan pekerjaan baik yang sudah disertifikasi maupun yang akan disertifkasi sesuai dengan Standar dan ketentuan yang berlaku," imbuhnya.
            Tim ISO PT.QA Indonesia Indra Lesmana manyampaikan bahwa Revisi ISO 9001:2008 dapat dilakukan setelah dievaluasi sesuai perkembangan dan kebutuhan dilapangan, dengan tahapan melakukan usulan (wakil Manajemen Mutu) dan dicross cek mengenai pengendalian dokumen atau dilakukan Audit ulang minimal 1 tahun setelah penerbitan.  Selain itu narasumber menjelaskan kembali manfaat penerapan ISO 9001:2008 disetiap Instansi Pemerintah maupun Badan Usaha lainnya dapat disimpulkan sbb. ; Paspor global diakui secara Internasional, Peningkatan Status (Image) organisasi, Peningkatan kepercayaan atas pelayanan publik, Sistem Terdokumentasi dalam Prosedur, Instruksi kerja & Dokumen pendukung lainnya, Kwalitas Proses, Produk & Sumber Daya yang terkendali dan Konsisten, Pengendalian Biaya, Peningkatan Produktivitas dan Perbaikan Lingkungan dan Budaya Kerja.

            Acara ditutup oleh Kabag Tata Usaha PPS Bungus Ir. Hewilda dengan mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta Sosialisasi. humas pps bungus (kicil chaniago)





Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH PPS BUNGUS

"Balada Anak Nelayan" Cerita Bersambung Part 2

SOSIALISASI SIPALKA DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA BUNGUS