SOSIALISASI SISTIM INFORMASI NELAYAN PINTAR BERBASIS MOBILE MULTIMEDIA DI PPS BUNGUS



Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Laut dan Pesisir (P3SDLP), Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan  Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan  Pelatihan dan Sosialisasi kepada  Nelayan Kota Padang yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) serta Penyuluh dari Dinas Kelutan dan Perikanan  Kota Padang. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari yaitu pada tanggal 29 September 2016 bertempat diruang rapat Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang Ir. Zalbadri, serta Kabid Penagkapan. Dihadapan tiga puluh orang peserta, Kepala Dinas Kelautan menyampaikan kata sambutannya diawal pembukaan bahwa saat sekarang nelayan kita melaut dengan cara berburu,  mengejar ikan dimana berada dan dilakukan dengan cara tradisional akibatnya tentu tidak efektif dan efisien, hasil tangkapannyapun  tergantung keberuntungan.  Untuk itu pada kesempatan ini saya atas nama pemerintah daerah dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang mengucapkan terima kasih  kepada Ka. Balitbang KP yang telah mengalokasikan Kegiatan “ Implementasi Aplikasi Nelayan Pintar”  diharapkan nantinya dengan program ini nelayan kecil menjadi pintar karena program ini diberikan  berbasiskan Android, dengan diharapkan nelayan bisa menjadi lebih banyak hasil tangkapannya yang pada akhirnya  nelayan akan lebih sejahtera.  Kenapa demikian ? lebih lanjut Kadis menjelaskan, karena   program Nelayan Pintar berbasiskan HP Android mempunyai Aplikasi yang bisa mendukung nelayan dalam melakukan penangkapan  diantaranya bisa mambantu nelayan dalam rangka mencari informasi tentang :
Harga ikan, Informasi Pelabuhan,  Arah Angin, Informasi Gelombang, Informasi Cuaca, Informasi Perkiraan Penggunaan BBM dan Informasi Daerah Penangkapan Ikan.


Sebagai narasumbar dalam kegiatan sosialisasi ini dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan KKP yaitu Bpk. Syofyan menjelaskan lebih rinci tentang cara membuka fitur aplikasi Nelayan Pintar pada HP android yang dimiliki oleh masing masing peserta sosialisasi.  Sehingga nelayan dengan mudah mengakses informasi yang ada dalam aplikasi tersebut  tentunya sebelum turun melaut, proses penangkapan akan menjadi terencana dan terukur nelayan akan dapat menuju daerah penangkapan ikan sehingga bisa menghemat Logistik dan BBM. Disamping itu para nelayan juga telah dapat memprediksi keadaan cuaca buruk sejak awal untuk keselamatan melaut. (KC Hms)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH PPS BUNGUS

"Balada Anak Nelayan" Cerita Bersambung Part 2

SOSIALISASI SIPALKA DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA BUNGUS